faq-palawa

Cukup heboh launching palawa.ugm.ac.id sehingga membuat terkaget-kaget mahasiswa dan petugas akademik.

berikut ini saya salin beberapa FAQ dari Palawa.UGM yang didapat dari Direktorat Pendidikan UGM
Beberapa FAQ bisa diakses meskipun tanpa login, tetapi ada beberapa FAQ yang baru muncul jika sudah login

[Tentang Palawa.UGM]
Q: Apakah Palawa.UGM itu ?
A: Palawa.UGM adalah layanan yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk mengakses data-data akademik secara online.

Q: Apakah hubungan Palawa.UGM dengan organisasi pecinta alam atau lainnya ?
A: Palawa.UGM tidak berafiliasi dengan organisasi apa pun. Kemiripan nama adalah sebuah kebetulan semata.

[Login]
Q: Apakah username untuk login Palawa.UGM ?
A: Login Palawa.UGM menggunakan username NIU (untuk mahasiswa) atau NIP (untuk dosen).

Q: Apakah NIU itu ?
A: NIU (Nomor Induk Universitas) adalah bagian dari NIM (Nomor Induk Mahasiswa) yang menunjukkan urutan registrasi di tingkat universitas.

Q: Bagaimana cara mengetahui NIU mahasiswa ?
A: NIM (Nomor Induk Mahasiswa) menggunakan format <ANGKATAN> / <NIU> / <KODE FAKULTAS> / <NIF>
Jadi, misalkan NIM mahasiwa adalah 12/345678/BI/09876, maka NIU mahasiswa tersebut adalah 345678.

Q: Bagaimana prosedur jika belum mempunyai username dan password untuk login Palawa.UGM ?
A: Untuk pembuatan user Palawa.UGM, silakan datang langsung ke bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan Saudara atau ke Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (d.h. DA UGM).

Q: Bagaimana prosedur jika lupa password ?
A: Jika lupa password, silakan datang langsung ke bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan Saudara
atau ke Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (d.h. DA UGM).
Dapat juga mengajukan permohonan melalui email ke itdaa(at)ugm.ac.id dengan subject: ‘[Palawa.UGM] reset password’ dan dilampiri scan Gamacard

[Riwayat Registrasi]
Q: Bagaimana jika riwayat registrasi tidak ada data yang ditampilkan sama sekali ?
A: Data riwayat registrasi diambil langsung dari SIRegistrasi.
Apabila tidak ada data yang ditampilkan, kemungkinan sedang terjadi masalah pada interkoneksi data
SIRegistrasi – Palawa.UGM. Silakan coba beberapa saat lagi.
Jika tetap tidak ada data yang ditampilkan, segera konfirmasi ke Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (d.h. DA UGM).

Q: Bagaimana jika terjadi perbedaan besaran kewajiban antara Palawa.UGM dengan kewajiban sebelumnya ?
A: Silakan konfirmasi ke bagian keuangan Fakultas/Sekolah/Jurusan.

Q: Bagaimana jika sudah melakukan pembayaran kewajiban tetapi data tidak tampil ?
A: Pastikan Saudara membayar kewajiban melalui host-to-host dengan bank mitra.
Jika pembayaran sudah dilakukan melalui host-to-host tetapi tetap tidak tampil,
silakan konfirmasi ke bagian keuangan Fakultas/Sekolah/Jurusan.

Q: Bagaimana jika sudah melakukan pembayaran kewajiban dan status di riwayat registrasi sudah ‘aktif’,
tetapi ketika mengisi IRS tertulis ‘belum registrasi’ ?
A: Proses sinkronisasi data SIRegistrasi dan SIAkademik memakan waktu kurang lebih 10 menit.
Apabila setelah 10 menit status registrasi belum berubah,
silakan konfirmasi ke bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan.

Q: Bagaimana prosedur registrasi untuk mahasiswa Program BIDIKMISI ?
Untuk mahasiswa Program BIDIKMISI, ada kewajiban melaporkan perkembangan studi melalui laman studi.akademik.ugm.ac.id.
A: Pastikan Saudara sudah mengunggah hasil studi semester sebelumnya dan sudah terverifikasi Direktorat Kemahasiswaan.

Q: Bagaimana jika mahasiswa Program BIDIKMISI, laporan perkembangan studi sudah terverifikasi Ditmawa
tetapi status ‘belum registrasi’ ?
A: Proses sinkronisasi data SIRegistrasi dan SIAkademik memakan waktu kurang lebih 10 menit.
Apabila setelah 10 menit status registrasi belum berubah, silakan konfirmasi ke bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan.

[Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa]
Q: Apakah EDoM itu ?
A: EDoM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa) adalah fasilitas pengisian evaluasi dosen secara online di Palawa.UGM
yang terintegrasi dengan SIAkademik.

Q: Apakah mahasiswa wajib mengisi EDoM ?
A: EDoM wajib diisi. Konsekuensi tidak mengisi EDoM adalah
a) Nilai tidak ditampilkan di laman hasil studi mahasiswa meskipun data nilai sudah dimasukkan ke dalam sistem
b) Rekap nilai tidak ditampilkan
c) Tidak dapat melakukan Isian Rencana Studi (IRS/KRS)

Q: Saya sudah mengisi EDoM, tetapi kok nilai tetap belum muncul ?
A: Yang berhak mengisikan nilai adalah Dosen pengampu mata kuliah.
Jika nilai belum diisikan oleh Dosen pengampu mata kuliah, meskipun Saudara sudah mengisi EDoM, nilai tidak akan tampil.
Jadi, jika Saudara sudah mengisi EDoM tetapi nilai belum tampil, silakan konfirmasi ke Dosen pengampu matakuliah
terkait nilai sudah diisikan ke dalam SIAkademik atau belum.

Q: Saya sudah mengisi evaluasi dosen di sistem lain, apakah harus mengisi EDoM lagi ?
A: Ya. Meskipun sudah mengisi evaluasi dosen di sistem lain, Saudara tetap harus mengisi EDoM di Palawa.UGM.

Q: Kapan periode pengisian EDoM ?
A: Pengisian EDoM dapat dilakukan setelah Ujian Akhir Semester sampai batas akhir pengisian Revisi Rencana Studi.
Untuk detail periode pengisian EDoM, silakan konfirmasi ke bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan.

Q: Saya belum mengisi EDoM tetapi tampil keterangan ‘isian sudah lengkap atau belum ada data yang bisa ditampilkan’ ?
A: EDoM hanya dapat diisi pada masa pengisian EDoM.
Jika bukan masa pengisian EDoM, maka EDoM tidak ditampilkan.
Silakan hubungi bagian akademik Fakultas/Sekolah/Jurusan untuk mengetahui kapan periode pengisian EDoM.

Q: Masih periode pengisian EDoM tetapi tampil keterangan ‘isian sudah lengkap atau belum ada data yang bisa ditampilkan’ ?
A: Silakan cek laman “rekap nilai” atau “riwayat nilai”.
Jika nilai sudah ditampilkan, maka EDoM Saudara sudah lengkap dan tidak perlu mengisi EDoM kembali.

Q: Saya belum mengisi EDoM, tetapi kok EDoM sudah terisi ?
A: Silakan pastikan kembali apakah ada orang lain yang mengetahui username dan password Saudara.
Silakan konfirmasi, apakah orang tersebut mengisikan EDoM Saudara.

Q: Saya belum mengisi EDoM, tetapi periode pengisian EDoM sudah lewat ?
A: EDoM yang belum terisi akan terakumulasi di periode pengisian selanjutnya.